Selasa, 12 Oktober 2010

Apa itu Materi, Zat Tunggal, Unsur, Senyawa dan Campuran? :)

Sedikit tentang kimia yaa ;)

Materi
Materi adalah setiap objek, yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Materi tersusun atas molekul-molekul, dan molekul pun tersusun atas atom-atom. Materi umumnya dapat dijumpai dalam empat fase berbeda, yaitu padat, cairan, gas, dan fisika plasma. Namun demikian, terdapat pula fase materi yang lain, seperti kondensat Bose-Einstein. Materi juga dibagi menjadi dua jenis yaitu zat tunggal dan campuran

Zat Tunggal
Zat Tunggal terdiri dari unsur dan senyawa

Unsur
Unsur adalah adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil, atau tak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa. Unsur dibagi ke dalam dua jenis yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi emas, dan platina. Sedangkan contoh unsur nonlogam antara lain adalah hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

Senyawa
Zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur melalui reaksi kimia dan senyawa tersebut juga dapat diuraikan lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia. Contoh dari unsur senyawa adalah garam, air, gula, dan trusi.

Campuran
Campuran terdiri dari dua zat yang masih mempunyai sifat dari asalnya. Salah satu contoh campuran adalah pasir. Tanpa perlu menggunakan kaca pembesar kita bisa melihat bahwa pasir adalah campuran.
Cara memisahkan campuran:
-Penyaringan
-Kristalisasi
-Sublimasi
-Destilasi
-Khromatografi


















Air, Minyak, gula dan garam
Materi adalkah sesuatu yang mempunyai massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar